Aug 11, 2014

Materi OOP

,
1.  Konsep OOP
     Desain berorientasi object adalah sebuah teknik yang memfokuskan desain pada object dan class berdasarkan pada skenario dunia nyata. Pemrograman berorientasi objek diciptakan untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada dalam kehidupan nyata. Objek-objek ini kemudian juga dapat berupa gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil. Selain itu, objek besar dapat dibentuk dengan menggabungkan beberapa objek dalam bahasa pemrograman. Objek-objek tersebut berkomunikasi dengan saling mengirim pesan kepada objek lain. 

2.  Objek
     Sebuah objek memiliki dua karakteristik, yaitu state dan behaviour. State adalah keadaan dari sebuah objek, seperti mobil memiliki state warna, model, tahun pembuatan, kondisi, dll. Sedang behaviour adalah kelakuan dari objek tersebut. Objek menyimpan statenya dalam satu atau lebih variabel, dan mengimplementasikan behaviournya dengan metode. Dengan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa objek adalah bagian software yang dibentuk dengan variabel-variabel dan metode-metode yang berhubungan dengan variabel tersebut.

3.  Kelas
     Kelas adalah semacam cetakan, atau template, untuk membuat objek. Ibaratkan sebuah rancangan rumah yang digunakan untuk membangun ratusan rumah. Rumah yang dibangun tersebut adalah objek dari kelas rancangan rumah. Hal ini dapat dilakukan karena semua objek rumah yang dibangun memiliki karakteristik yang sama, sehingga dapat dibuatkan semacam blueprintnya. Tetapi objek-objek yang dibangun tetap akan memiliki bentuk fisik tertentu sendiri-sendiri, seperti variabel dalam sebuah program, atau pintu sebuah objek rumah. Dengan penjelasan ini, kelas dapat kita definisikan kembali menjadi sebuah blueprint, atau prototipe, yang mendefinisikan variabel dan metode yang sama untuk semua objek sejenis.

4.  Method
     Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan dipanggil melalui object. Dengan kata lain method juga dikenal sebagai fungsi atau prosedur. Pemanggilan method dalam suatu kelas dilakukan dengan menuliskan objek pemiliknya dan diikuti oleh operator titik (.) beserta nama method yang akan di eksekusi.

Pewarisan Sifat Objek (Inheritance)

Pewarisan adalah salah satu cirri pemograman berorientasi objek, yang menyatakan suatu kelas dapat diturunkan lagi menjadi kelas-kelas baru yang lainnya sehingga dapat membentuk sebuah hiraki. Kelas yang merupakan kelas turunan ini bisa disebut dengan kelas anak (subclass) dan kelas yang menjadi dasar penurunan disebut kelas orang tua (superclass).

a.  Dasar Pewarisan (Superclass dan Subclass)

     Pemograman java mengizinkan kita untuk mendefinisikan suatu kelas yang bersifat generic. Selanjutnya kelas tersebut diturunkan lagi menjadi kelas baru yang bersifat lebih spesifik. Adapun kelas baru yang hasil turunan disebut subclass. Pada proses penurunan kelas ini kelas turunan akan mewarisi sifat-sifat yang terdapat pada kelas induknya, selanjutnya, kelas turunan tersebut dapat memiliki sifat-sifat spesifik yang sebelumnya tidak dimiliki oleh kelas induk. Pada pemograman java menyediakan kata kunci extends yang digunakan untuk proses penurunan terhadap suatu kelas. Bentuk umum dari penggunaan kata kunci tersebut adalah sebagai berikut:


Class nama-subclass extends
nama-superclass{
// badan kelas


}

b.  Pengertian Polimorfisme
     Polimorfisme adalah kemampuan suatu objek untuk mengungkap banyak hal melalui satu cara yang sama. Polimorfisme merupakan salah satu hal esensial dalam pemograman berorientasi objek karena alasan beriku: yakni polimorfisme mengizinkan kelas induk untuk mendefinisikan sebuah method general ( bersifat umum) untuk semua kelas turunannya. Polimorfisme dapat berupa overloading atau overriding. Overloading merupakan bentuk polimorfisme yaitu beberapa metode yang dapat memiliki nama yang sama dengan isi dan parameter yang berbeda didalam sebuah kelas.

Berikut adalah 3 konsep dasar OOP pada Java :
1.  Encapsulation
     Encapsulation adalah pembungkus, pembungkus disini dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat diakses secara sembarangan atau di intervensi oleh program lain. Dalam OOP Encapsulation di wujudkan dalam bentuk “class”. Seperti yang telah dijalaskan sebelumnya dalam sebuah class terdapat property dan method yang memiliki hak akses tertentu terhadap environment/lingkungan-nya, hak akses ini biasa di sebut Access Modifier, access modifier terdiri dari private, protected, dan public.

2.  Inheritance
     Inheritance adalah pewarisan yang artinya sebuah class dapat mewarisi atribut dan metho dari class lain. untuk mendeklarasikan suatu class sebagai subclass dilakukan dengan cara menambahkan kata kunci extends setelah deklarasi nama class, kemudian diikuti dengan nama parent class-nya. Kata kunci extends tersebut memberitahu kompiler Java bahwa kita ingin melakukan perluasan class.

3.  Polymorism
     Suatu aksi yang memungkinkan pemrogram menyampaikan pesan tertentu keluar dari hirarki obyeknya, dimana obyek yang berbeda memberikan tanggapan/respon terhadap pesan yang sama sesuai dengan sifat masing-masing obyek. Polymorism dapat berarti banyak bentuk, maksudnya yaitu kita dapat menimpa (override), suatu method, yang berasal dari parent class (super class) dimana object tersebut diturunkan, sehingga memiliki kelakuan yang berbeda.




Source : http://thinaaa.blogspot.com/2013/05/materi-oop-ii.html

0 komentar to “Materi OOP”

Post a Comment

Berikan komentar yang bersifat membangun

 

Wrote Knowledge Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger