Aug 11, 2014

Pemrograman Mobile

,
Pemrograman Mobile adalah pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile yang dapat kita buat dengan menggunakan Java. Keterbatasan yang sangat umum dalam bahasa pemrograman untuk peralatan mobile adalah kendala dalan segala dalam hal sumber daya, seperti ukuran layar, memori, CPU, penyimpanan dan cara menginput data. Perbedaan tampilan juga disebabkan adanya perbedaan hardware dan API yang di gunakan. Berikut adalah jenis pemrograman mobile :

1.  J2ME
     J2ME adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang fokus kepada perangkat konsumen. Program J2ME diterjemahkan oleh VM. Program-program tersebut dikompile ke dalam bytecode dan diterjemahkan dengan Java Virtual Machine(JVM). Ini berarti bahwa program-program tersebut tidak berhubungan langsung dengan perangkat. Inti dari J2ME terletak pada configuration dan profile-profile. Suatu configuration menggambarkan lingkungan runtime dasar dari suatu sistem J2ME. Ia menggambarkan core library, virtual machine, fitur keamanan dan jaringan. Kelebihan J2ME adalah menyediakan suatu interface yang sesuai dengan perangkat. Kekurangan J2ME yaitu memiliki jumlah memori yang terbatas, menghabiskan sedikit daya dari baterei, layar yang kecil, bandwith jaringan yang rendah.

2.  C++

     Menurut wikipedia C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh (Bjarne Stroustrup) merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).
   
3.  Objective-C
     Objective-C menurut adalah bahasa pemrograman native utama yang dipakai untuk membuat aplikasi Mac. Bahasa ini diextend dari bahasa C yang menggunakan style dari Smalltalk. Semua syntax untuk operasi non object oriented hampir sama dengan C, sedangkan untuk operasi object oriented mengimplementasi dari style Smalltalk. Jadi, sebaiknya anda mempunyai dasar yang cukup dalam pemrograman bahasa C.
   
4.  Javafx
     Menurut JavaFX adalah bahasa pemrograman modern yang memungkinkan untuk membuat aplikasi mencari dengan antarmuka pengguna grafis yang canggih. JavaFX adalah anggota baru dari keluarga besar Java, JavaFx merupakan sebuah tambahan baru untuk platform Java yang menjanjikan pemakaian konsisten dari desktop ke alat-alat portabel. JavaFX ini memungkinkan RIA (Rich Internet Application) untuk tampil di layar mobile device, desktop, televisi dan sebagainya. 
JavaFX diintegrasikan sepenuhnya dengan Java Runtime Environment (JRE). JavaFX aplikasi akan dijalankan pada desktop dan browser yang menjalankan dan JRE di atas ponsel menjalankan JavaME. JavaFX didasarkan pada konsep sebuah “common profil” yang ditujukan ke seluruh perangkat span didukung oleh JavaFX. Pendekatan ini memungkinkan para pengembang untuk menggunakan model pemrograman Commonmobile dan berbagi banyak kode, grafis dan konten aset antara desktop dan versi mobile. Maka bisa disimpulkan bahwa JavaFX ini memungkinkan RIA [Rich Internet Application]untuk tampil di layar mobile device, desktop, televisi dsb. JavaFX mampu berjalan pada berbagai sistem operasi mobile, termasuk Symbian OS, Windows Mobile, dan kepemilikan real-time sistem operasi.

5.  PHP

     PHP menurut  adalah bahasa pemograman web yang digunakan untuk membuat halaman web dinamis (wikipedia). Walaupun pada perkembangannya, PHP saat ini juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi selain web, seperti aplikasi desktop. PHP pertama kali  di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, namun sekarang di ambil oleh oleh The PHP Group. Pada awalny PHP adalah singkatan dari Personal Home Page, namun dalam perkembangannya, di ubah menjadiPHP: Hypertext Preprocessor, sebuah kepanjangan rekursif. PHP dirilis dalam lisensi PHP License, yang sedikit berbeda dengan lisensi GNU General Public License (GPL) yang biasa digunakan untuk proyek Open Source. Namun penggunaan PHP tetap tidak dikenakan biaya (gratis). Kemudahan dan kepopuleran PHP sudah menjadi standar bagi programmer web di seluruh dunia. Dan menurut wikipedia, PHP telah terinstall pada lebih dari 244 juga website dan 2,1 web server hingga saat ini.


0 komentar to “Pemrograman Mobile”

Post a Comment

Berikan komentar yang bersifat membangun

 

Wrote Knowledge Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger