Oct 8, 2012

Mengenal Tampilan Ms.Word 2003

,
Pada saat Word dijalankan akan tampak sebuah jendela yang dilengkapi dengan berbagai komponen jendela Wod. Masing-masing komponen tersebut mempunyai fungsi tertentu untuk membantu memberikan informasi kepada kita pada saat bekerja dengan sebuah dokumen.

 

Sebagai pengenalan, fungsi dari masing-masing komponen akan dibahas secara singkat berikut ini.

Title Bar
Title Bar berfungsi untuk menampilkan nama dokumen yang sedang aktif di jendela Word. Nama dokumen tersebut sesuai dengan nama file dari dokumen tersebut. Bila doukumen yang ditampilkan belum pernah disimpan, maka dokumen yang ditampilkan adalah Document 1, Document 2 dan seterusnya. 

Kontrol Jendela
Kontrol Jendela terletak di bagian atas jendela Word sejajar dengan title bar. Kontrol jendela terdiri dari 3 buah tombol. Tombol pertama dengan tanda minus (-) berfungsi untuk memperkecil tampilan jendela. Tombol kedua dengan tanda kotak befungsi untuk memperbesar tampilan jendela. Sedangkan tombol ketiga dengan tanda (x) berfungsi untuk menutup jendela.

Menu Bar
menu Bar merupakan tempat menu-menu yang memuat daftar perintah-perintah Word. Masing-masing menu memuat perintah yang saling berhubungan. Peerintah yang terdapat dalam salah satu menu akan ditampilkan apabila menu diklik.

Toolbar
Toolbar adalah komponen jendela yang memuat tombol-tombol perintah. Seiap tombol mewakili sebuah perintah yang terdapat di menu. Kita dapat menjalankan sebuah perintah yang terdapat di menu dengan mengklik tombol perintahnya di toolbar.

Kursor
Pada saat jendela Word ditampilkan, kursor akan ditampilkan di halaman dokumen. Kursor menunjukkan bagian halaman dokumen yang sedang aktif. Huruf yang kita ketik di keyboard akan ditambahkan di halaman dokumen tepat dimana kursor berada.

Task Pane 
Task Pane merupakan jendela kecil yang terdapat pada aplikasi Office yang memuat daftar-daftar perintah yang biasa digunakan. Task Pane ditempatkan di sebelah kanan jendela Word dengan ukuran kecil sehingga kita dapat menggunakan perintah-perintah tersebut sambil tetap bekerja di lembaran kerja kita. Di jendela Word, task pane akan ditampilkan apabila kita menjalankan perintah New, Search (menu File), Office Clipboard (menu Edit), dan menambahkan Picture dari Clip Art (menu Insert). Selain itu, task pane juga akan ditampilkan apabila kita mengetik perintah task pane yang terdapat di menu View

Scroll Bar
Tidak semua halaman dokumen dapat ditampilkan oleh jendela Word. Semakin  banyak isi dokumen di halaman dokumen, maka semakin banyak halaman dokumen. Seiring dengan semakin banyaknya halaman dokumen, maka semakin banyak halaman dokumen yang tidak dapat ditampilkan oleh jendela Word.
Scroll Bar berfungsi untuk menggeser halaman dokumen yang ditampilkan. Ada dua buah scroll bar yang dimiliki oleh jendela Word, yakni scroll bar vertikal dan scroll bar horizontal. Scroll bar vertikal digunakan untuk menggeser halaman dokumen ke arah atas atau bawah. Sedangkan scroll bar horizontal digunakan untuk menggeser halaman dokumen dalam arah horizontal.

Mistar (Ruler)
Mistar berfungsi untuk menunjukkan ukuran sebenarnya dari halaman dokumen yang sedang dikerjakan. Mistar dapat menggunakan satuan sentimeter ataupun inci.
Mistar terdiri dari 2 buah. Mistar horizontal untuk menunjukkkan ukuran lebar kertas dan mistar vertikal untuk menunjukkan ukuran panjang kertas.

Status Bar
Status bar berfungsi untuk menampilkan informasi berkenaan dengan dokumen yang sedang dikerjakan. Informasi yang ditampilkan oleh status bar, antara lain nomor halaman, bagian dokumen, halaman ke berapa dari jumlah halaman yang ada dalam dokumen, jarak posisi kursor ke bawah atas kertas, nomor baris, kolom posisi kursor, dan berbagai status tombol keyboard.

1 komentar:

Post a Comment

Berikan komentar yang bersifat membangun

 

Wrote Knowledge Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger